#TM6.Sabtu.131018.Saluran distribusi dan Jenis barang

Descriptive institutional approach
pendekatan kelembagaan untuk analisis saluran berfokus pada indentifikasi, deskripsi, dan klasifikasi lembaga perantara. lembaga-lembaga tersebut dikelompokkan sehubungan dengan layanan pemasaran yang mereka lakukan.

Merchant Middlement ( pedagang perantara)

  • Regular wholesalers ( pedagang grosir reguler )
  • Industrial Distributor ( distributor industri)
  • Drop Shippers 
  • Cash and Carry wholesalers 
  • Wagon distributors ( jobbers )
  • Rack jobbers 
  • Assembling wholesalers 
  • Semi jobbers
Functional Middlement 

- Selling Agents
agen penjual melayani klien mereka sebagai pengganti organisasi penjualan. mereka dikontrak untuk menjual output dari satu atau lebih manufaktur selama jalur yang ditangani bersifat tambahan dan tidak bersaing secara langsung.

- Manufactures Agents 
agen pabrikan mirip dengan agen penjual karena mereka bertindak sebagai subtitusi untuk organisasi penjualan langsung, dipekerjakan berdasarkan kontrak selanjutnya, mewakili perusahaan yang relatif kecil, menyediakan intelijen pasar, dan dibayar kembali oleh komisi.

- Commission Merchants 
tidak seperti agen, pedagang komisi jarang digunakan berdasarkan kontrak reguler. sebagai gantinya, mereka terlibat untuk satu transaksi atau lebih umum untuk memfasilitasi pembuangan banyak barang tertentu.

- Brokers
broker berfungsi sebagai agen katalitik untuk kelas pembeli dan penjual yang biasanya akan mengalami kesulitan dalam pertemuan untuk tujuan negosiasi.

- Auction Companies 
perusahaan lelang banyak digunakan dalam pemasaran buah, untuk bacco dan ternak. mereka menyediakan pengaturan fisik yang kondusif untuk memasarkan banyak komoditas tertentu.

- petroleum Bulk Station
stasiun menyediakan penyimpanan dan distribusi grosir untuk industri perminyakan.


Graphic Approach ( pendekatan grafis )
flow graphs adalah teknik yang berguna untuk mengidentifikasi aliran kepemilikan bahan baku dan produk jadi. grafik-grafik ini mengilustrasikan berbagai alternatif dalam pemilihan kelembagaan pada semua tingkat proses pemasaran. Keuntungan utama dari pendekatan grafis adalah menggambarkan banyak tautan dalam pemasaran modern.


Commodity Groupings ( pengelompokan komoditas ) 
Dalam upaya untuk membatasi berbagai pertimbangan dalam perencanaan saluran, beberapa penelitian telah diselesaikan dengan tujuan untuk mendefinisikan struktur saluran dalam detail untuk komoditas tertentu.


Functional Treatments 
pendekatan fungsional untuk struktur saluran dikembangkan. sebagai hasil dari upaya untuk memberikan penjelasan logis dari proses pemasaran yang menyeluruh.







Refrensi: 


Bowersox, D.J. (1978). Logistical Management : A system integration of physical distribution management and materials management. New York : Collier Macmillan International (hal 498-508)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kunjungan ilmiah ke PT. CIPTA KRIDA BAHARI

INTERNATIONAL MULTIMODA & FREIGHT FORWARDING

WAREHOUSE LAYOUT